Pendidik Sebaya-kesepakatan-tahapan curhat/bertanya teman sebaya-SMPN 11 Bandar lampung

0
113

Bandar lampung, 11 Januari 2020

Pertemuan rutin ‘Konselor Sebaya’ satu bulan sekali diawal bulan 2020 ini, Jumat 10 Januari 2020 sepulang sekolah membahas hasil Workshop Uji Buku Panduan ‘Konselor Sebaya’ yang berlangsung di Bali 12 – 17 Desember 2019  diwakili Ibu Rusma Triyani sebagai Pembina ‘Konselor Sebaya’. Dua poin penting dibahas dan sempat menjadi perdebatan adalah istilah ‘Konselor’ dan ‘Konseling’ yang melekat pada anak-anak ‘Konselor Sebaya’. Mengingat definisi baku ‘Konselor’ adalah seorang yang memiliki keahlian dalam melakukan konseling, bersertifikasi dengan minimal pendidikan strata1 maka disepakatilah kata ‘Konselor Sebaya’  diganti dengan ‘Pendidik Sebaya’ untuk mereka dimana definisi ‘Pendidik’ itu sendiri adalah “ seorang yang meberikan pengetahuan, ketrampilan dan atau  pengalaman kepada orang lain”.

Sepakat istilah Konselor menjadi Pendidik dan Konseling menjadi Curhat..

Luar biasa dewasanya cara berfikir anak-anak ‘Pendidik Sebaya’ dimana awalnya mereka keberatan dengan istilah ‘Pendidik Sebaya’ karena istilah‘Konselor Sebaya’  terdengar lebih keren dan sudah familier  terbiasa mereka ucapkan selama ini. Tapi mengingat beban moral dan dengan kompetensi terbatas yang mereka miliki akhirnya mereka setuju istilah ‘Konselor Sebaya’ diganti dengan ‘Pendidik Sebaya’. Begitupun dengan istilah ‘Konseling’ yang berarti kegiatan konsultasi dimana ada masalah yang dibahas dan harus dicarikan solusinya, dilakukan oleh seorang Konselor bersertifikasi, akhirnya disepakati juga kata ‘konseling’ diganti dengan curhat teman sebaya dalam kegiatan ‘Pendidik Sebaya’, dimana definisi curhat itu sendiri adalah “bercerita masalah pribadi pada orang yang dianggap dekat dan tidak harus mencari solusi tetapi bisa saja hanya ingin didengar, butuh pengakuan atau bahkan mencari perhatian”.

Kegiatan terdokumentasi ‘Pendidik Sebaya’ kali ini juga adalah membuat tahapan kegiatan ketika teman sebaya bertanya mengenai suatu hal atau curhat dan mempresentasikan didepan teman dan Pembina Pendidik Sebaya dengan tanggapan dan respon beragam.

Presentasi tahapan teman curhat atau bertanya

Semangat, cerdas, luar biasa Pendidik Sebaya SMP Negeri 11 Bandar lampung, maju terus…

rusmatriyani.smpn11bdl

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here