Tali kasih 10 Muharram,SMPN 11 Bandar Lampung

0
137
Tali kasih 10 Muharram

Bandar Lampung, 10 Muharam 1442

Hari ke-10 di bulan Muharram dikenal dengan nama ‘Asyura Hari ini 10 Muharram adalah Hari Rayanya anak-anak Yatim. Mengapa ? karena salah satu keutamaan bersedekah dibulan Muharram adalah dengan menyantuni anak yatim  seperti yang dilakukan Rasulullah yang sangat menyayangi anak-anak yatim dan memberikan jamuan makan bagi mereka pada hari itu. Dan kebiasaan ini diikuti oleh kaum muslim yang lain dengan memanjakan anak yatim dibulan Muharram. Tidak usah memperdebatkan bahwa hari raya hanya Idhul Fitri dan Idhul Adha tetapi ambillah hikmah dari keteladanan Rasulullah yang rutin menyantuni anak yatim dan mencintainya dengan sepenuh hati. Itulah sebabnya menyantuni anak yatim dibulan Muharram menjadi istimewa walau sesungguhnya kita boleh bersedekah kepada anak yatim kapan saja bila mampu, yang pasti jangan sampai menzholimi anak yatim atau malah mengambil harta mereka untuk kepentingan sendiri karena anak yatim memiliki kedudukan mulia dalam Islam sebagaimana Allah melarang menyakiti anak yatim, karenanya doa yang dipanjatkan anak yatim langsung di dengar oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala tanpa penghalang. Menyantuni anak yatim insyaallah akan mendapat kebaikan dunia akhirat .

“Setiap satu helai rambut anak yatim adalah kebaikan, orang yang menyantuni anak yatim kedudukannya sangatlah dekat dengan Rasulullah. Nabi Muhammad SAW menyarankan, “Apakah engkau suka hatimu menjadi lembut dan kamu mendapat hajatmu (keperluanmu) ? maka Rahmatilah anak yatim, usaplah kepalanya, dan berikanlah makan kepadanya dari makananmu, niscaya hatimu menjadi lembut dan niscaya kamu akan mendapatkan hajatmu.” (HR. Abdurrazaq dalam mashannafnya, 11:97. )”

Sebagaimana ulasan diatas, berburu berkah dan pahala Allah SWT, KUPT SMP Negeri 11 Bandar Lampung Ibu Dr.Hj.Siti Robiyah, M.Pd mempelopori penggalangan dana dalam bentuk paket sembako untuk anak yatim dan kurang mampu. Disambut antusias oleh guru dan staf Tata Usaha ikut andil menyumbangkan rupiahnya dan diberikan langsung kealamat siswa oleh wali kelasnya masing-masing. Tidak hanya siswa SMPN 11 Bandar Lampung, paket sembako juga diterima oleh masyarakat sekitar yang kurang mampu.

rusmatriyanismpn11bdl

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here