In House Training “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Pembelajaran dan Penilaian pada Kurikulum Merdeka”

0
64

Bandar Lampung, 22 September 2023 SMPN 11 Bandar Lampung adakan In House Training. In House Training yang selanjutnya disebut IHT adalah kegiatan program pelatihan. Tema in house training kali ini adalah “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Mempersiapkan Pembelajaran dan Penilaian pada Kurikulum Merdeka.” Kegiatan In House Training tersusun dari berbagai rangkaian acara. Kegiatan IHT dibuka langsung oleh Ibu kepala Sekolah, Ibu Hj. Suprihatin, S.Pd., M.M. Dalam sambutannya beliau menyampaikan harapannya IHT kali ini dapat meningkatkan kompetensi guru di SMPN 11 Bandar Lampung. Selain itu, beliau juga menyampaikan warning atau peringatan dari Ibu Kepala Dinas untuk disikapi mengenai etika dan perilaku para siswa. Beliau mengatakan, “Wali kelas hendaknya memantau siswa-siswinya. Apabila terdapat masalah, hendaknya siswa dipanggil dan selanjutnya ditindaklanjuti”

Sambutan Ibu Hj. Suprihatin, S.Pd., M.M.

In House Training kali ini menghadirkan narasumber Ibu Dwi Hayati, M.Pd., Ibu Neni Yulianita, S.Si., M.Pd., dan Ibu Rima Susiana, M.Pd. selaku Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bandar Lampung. Ibu Dwi Hayati menyampaikan materi mengenai “Eksplorasi Rapor Pendidikan untuk Peningkatan Kualitas Satuan Pendidikan.” Beliau menyampaikan pentingnya Rapor Pendidikan karena Rapor Pendidikan merupakan wajah dan gambaran dari satuan Pendidikan yang nantinya akan berpengaruh pada perencanaan dan projek yang akan datang. Beliau juga menyampaikan kompetensi sangat penting bagi seorang guru dan menganjurkan guru untuk mengikuti program guru penggerak.

Materi Pertama oleh Ibu Dwi Hayati, M.Pd.

Pemateri kedua yaitu Ibu Neni Yulianita, S.Si., M.Pd. yang menyampaikan materi mengenai Perencanaan Kurikulum Merdeka (KOSP, CP, TP, ATP, dan Modul Ajar). Beliau menyampaikan makna kurikulum, alasan kurikulum berubah, hingga cara pembuatan tujuan pembelajaran, alur tujuan pembelajaran, dan modul ajar.


Materi ketiga adalah tentang pembelajaran yang berpihak pada murid (berdiferensiasi) yang disampaikan oleh pemateri ketiga yakni Ibu Rima Susiana, M.Pd. Beliau menyampaikan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi yang harus diaplikasikan ke peserta didik karena setiap peserta didik memiliki kemampuan, minat, dan gaya belajar yang berbeda.


IHT berlangsung sejak pukul 07.30 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. IHT diikuti oleh seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan dan dilaksanakan di ruang guru. Harapannya kegiatan IHT ini dapat meningkatkan kompetensi dan pengetahuan guru dalam pembelajaran kurikulum merdeka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here